Merencanakan Menu Bagi Ibu yang Sibuk

8 saran untuk membantu Anda mengatasinya

Merencanakan menu setiap minggu untuk di rumah, bukan tugas yang mudah. Terdapat preferensi makanan yang berbeda-beda yang harus dikelola, anggaran yang perlu dipertimbangkan, dan yang terpenting – waktu yang diperlukan untuk menyiapkan makanan itu.

Gagasan untuk menyiapkan menu makan satu minggu memang mudah dilakukan, tapi setelah memegang pena dan menatap kalender, membuat rencana menu bagi keluarga sungguh merupakan tugas yang menantang.

Namun demikian, merencanakan menu makan akan sangat membantu. Hal ini membantu Anda untuk menjaga anggaran, menyiapkan hidangan yang pasti dinikmati keluarga, dan sekaligus menyeimbangkan jadwal sibuk Anda.

Untuk memulai misi pengelolaan waktu makan bagi ibu sibuk, berikut ini sejumlah usul yang bisa diterapkan:

Sisihkan waktu untuk merencanakan waktu makan. Sekali seminggu, cari waktu untuk menyusun menu. Setelah siap dengan pensil, kertas dan kalender, mulailah menyusun rencana.

Awali dengan daftar favorit keluarga. Pilih hidangan dari daftar dan taruh pada hari yang berlainan dalam seminggu. Setelah mencantumkan favorit keluarga dalam menu, keluarga pasti memuji Anda.

Tentukan satu hidangan untuk satu malam. Bagaimana kalau “Masakan Mi Hari Kamis”? Apakah keluarga akan menyukai “Goreng Ayam Hari Jumat”? Setelah menentukan itu, bisa jadi ini bakal menjadi tradisi makanan keluarga.

Merencanakan dari sisa makanan. Setup daging yang dibuat pada hari Senin bisa diolah lagi dengan cara mengiris daging untuk isi roti lapis. Merencanakan sesuatu dari sisa makanan, tidak saja mudah, tapi juga murah – selain itu, ini adalah cara menarik untuk melatih kreativitas Anda.

Gunakan beberapa resep dari satu hidangan besar. Ayam panggang bisa dinikmati dengan beragam cara. Paha ayam dapat diberi saos dan disajikan dengan nasi. Dada ayam dapat diiris dan dicampur dengan selada kentang, bumbu, sayuran hijau, dan dressing favorit.

Istirahat satu malam. Kadang, sang koki pun perlu istirahat, dan yang bisa membantu ibu adalah memanfaatkan food delivery atau makan di luar bersama keluarga. Ini akan merupakan cara yang bagus untuk memulihkan energi.

Pastikan ada cadangan bahan di dapur. Daging beku, sayuran beku, blok kaldu, pasta, beras, bawang, bawang putih, minyak goreng – semua ini bisa disediakan di lemari dapur. Semuanya serba guna dan bisa diolah menjadi satu hidangan, atau pendamping makanan lain dengan bahan yang lebih istimewa.

Memasak dalam jumlah besar dan memaksimalkan lemari es.Mengawetkan makanan dengan membekukannya bisa sangat membantu dalam perencanaan menu. Masaklah satu hidangan dalam jumlah besar, kemudian bagilah ke dalam beberapa wadah yang bisa disimpan di lemari es, bubuhkan label nama makanan dan tanggal pembuatannya. Tinggal dipanaskan bila diperlukan.

Yahoo! Asia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s