Karpet Makam “Nabi Muhammad SAW” Terjual Rp 82,5 Milyar

Sebuah karpet yang didesain untuk menghias makam Nabi Muhammad di Madinah terjual 5,4585 juta dollar AS atau seharga Rp 82,5 miliar dalam sebuah lelang di Qatar. 

Tidak hanya nilai sejarah yang membuat karpet tersebut bernilai tinggi. Karpet yang sudah berusia 150 tahun itu juga dihiasi ratusan batu-batuan mahal seperti intan, safir, rubi, dan emerald.

Karpet itu dikenal dengan nama Karpet Mutiara dari Baroda (Pearl Carpet of Baroda) karena banyaknya mutiara yang dipakai untuk menghiasnya. Diperkirakan ada dua juta buah batu mutiara yang digunakan yang diambil dari perairan Teluk Persia.

Selama ini, karpet yang dibuat tahun 1860-an tersebut dikenal sebagai hadiah dari Maharaja Baroda dari India untuk dipasang di makam Nabi Muhammad.

Namun, karpet tersebut tidak jadi dibawa ke Saudi Arabia karena sang raja keburu meninggal dan akhirnya disimpan keluarga raja. Karpet tersebut sempat dipamerkan dalam Delhi Exhibition pada tahun 1902.

Kemudian disimpan di Monaco. Pada tahun 1985, karpet itu juga sempat dipamerkan di New York. Balai lelang Sotheby’s selaku penyelenggara lelang sebenarnya berharap karpet tersebut dapat terjual minimal 20 juta dollar AS.

Namun, penawaran perdana 5,5 juta dollar AS tak menarik minat pelelang. Lelang Kamis (19/3) kemarin akhirnya dibuka dengan 4,5 juta dollar AS diikuti tiga penawar.

Penawaran tertinggi berhenti pada angka 5,4585 juta dollar AS termasuk komisis dan biaya lelang. Namun Shoteby belum bersedia mengumumkan siapa pemenang lelang tersebut. Dengan banyaknya batu-batuan mahal yang menghiasnya, karpet tersebut mungkin tak akan digelar di lantai. Namun, lebih cocok sebagai hiasan dinding.

Sumber : Surya Online (satriowibowo)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s