Atasi Balita Bicara Kasar

Kaget rasanya mendengar balita 3 tahun memaki si Mbak yang salah mengubah saluran televise. Awalnya, Anda tentu malu menemukan ekspresi kekesalannya dengan cara seperti itu.

Meniru itulah kuncinya. Ia punya pebendaharaan kata lumayan banyak dari meniru orang-orang di sekitarnya. Cobalah instropeksi, mungkin saja orang-orang dewasa sekitar anak cukup sering mengucapkan kata kasar di dekat anak.

Kalau Anda tak pernah mengucap kata kasar, dengan mudah Anda mengoreksi kebiasaan anak omong kasar.. Misalnya, “Nak, ibu, ayah dan kakak tak pernah ngomong gitu. Jangan diucapkan lagi ya.”

Bagi anak, apa pun yang dikatakan orang di sekitarnya, dimaknainya sebagai sesuatu yang memang harus diucapkan apa adanya. Anak usia ini belum mampu menyaring dan memilah-milah kata mana saja yang tak pantas diucapkan.

Butuh waktu untuk mengubah kebiasaan, agar tidak berkata-kata kasar dan tak pantas. Apabila Anda memergokinya, hendak mengucapkan kata “bego”, misalnya, Anda bisa mengajaknya mengoreksi ucapan. Ajak anak untuk memperbanyak kosa kata baik, sehingga ia terJika tak seorang pun di dekat anak, siapa yang mengoreksinya?

Anda dan balita bersama-sama membuang kebiasaan omong kasar. Saling berjanji tidak akan mengucapkan kata kasar. Yang terpenting adalah melatih anak mengungkapkan emosinya dengan cara yang pantas. Misalnya, ia kesal pada pengasuhnya yang mengubah saluran televise, ajak balita asertif, “Mbak, tolong jangan diganti ya.”

Sangsi juga penting diberlakukan apabila anak tak peduli dan melanggar kesepakatan untuk tidak mengulangi kebiasaan memaki dan berkata-kata kasar. Anda bisa melarang (sementara) anak menonton film kesukaannya selama dua hari, misalnya. Dengan demikian, ia belajar bersikap konsekuen atas perkataan dan perbuatannya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s